Sebuah Panduan Simpel Berkenalan Dengan Gitar

Gitar yang biasanya menjadi alat musik andalan para pemusik di mainkan dengan cara di petik pada umumnya dan pada dasarnya alat musin terdiri dari dua buah bagian yaitu badan dan senar. Pada dasarnya gitar terbuat dari bahan jenis kayu pada bagian badannya yang kemudia di berikat cat pernish dan senarnya sendiri dari terbuat dari nilon dan juga baja. Di beberapa jenis gitar modern material atau bahan yang membuatnya adalah gitar karbonat. Dan pada umumnya gitar dapat di kategorikan menjadi dua buah jenis yaitu gitar akustik dan gitar elektrik, sementara gitar akustik lebih fleksibel untuk di pakai dalam berbagai kesempatan sementara gitar elektrik lebih sering di pakai dalam keadaan tertentu karena membutuhkan listrik agar berfungsi dengan baik.

Sejarah Gitar & Jenisnya

Gitar sendiri adalah bahasa indonesia yang di ambil dari bahas inggrisnya yaitu guitar dan pada permulaannya alat musik terambil dari alat petik musik di zaman kuno yang berasal dari persian di sekitaran 1500an sebelum masehi. Tanbur dari rusai di kembangkan oleh para bangsa yunan dan di lanjutkan oleh bangsa romawi yang juga menyukai musik.

Di sekitaran tahun 476 masehi alat musik di bawakan oleh bangsa romawi menuju daratan spanyol dan di sana nama alat ini di berikan nama guitarra morisca dan juga guitarra latina untuk permainan tiga akor. Sementara itu di belahan dunia yang lain beberapa abad kemudian bangsa arab juga membawa semacam gitar gambus yang di berikan sebutan al ud ke tanah erop tepatnya di spanyol summerfield.

Nah dari perpaduaan al uda dan juga dua gitar dari warisan bangsa romawi yaitu guitarra morisca dan latina ini lah kemudian bangsa spanyol merekonstruksi alat tersebut menjadi alat musik mereka sendiri yang di berikan nama vihuela. Pada masa itu vihuela sangat terkenal di kalangan rakya spanyol dan alat alat musik yang sebelumnya mereka kenal telah mulai di tinggalkan karena vihuela itu sendiri.

Akan tetapi al ud tidak hanya mendarat di tanah spanyol saja tetapi juga di sebarkan ke daratan eropa lainya terutama di eropa barat dan al uda ini juga mendapatkan sambutan yang positif dan terus berkembang menjadi berbagai mode lute eropa sampai pada sekitar akhir abad ke 17.

Sedangkan vihuela sendiri terus di kembangkan di tanah spanyol dan melalui beberapa perkembangan dan penyempurnaan sampai dengan beberapa abad ke depan pada akhirnya vihuela dari spanyol ini berubah menjadi gitar klasik yang di gunakan sampai sekarang ini.

Orisinalitas dari alat musik gitar sendiri tak dapat terlihat dari keantikan barang tersebut karena menurut beberapa ahli musik alat ini malah justru datang dari benua afrika karena di sana ada banyak replika modern yang di bentuk bulat menyerupai kulit kerang dengan gut benang dari sutera pada daerah benua tersebut.

Beberapa hali lain menyimpulkan bahwa alat ini terbentuk dari kaca di relief batu tua pada zaman asia hingga asia kuno dan juga pandangan lain timbul saat penemuan vas dari kebudaayn yunanai yang memiliki corak greek strings dan kemudian di kembangkan menjadi alat musik pertama yaitu gitar.

Dari banyaknya teori dan pandangan yang beredar ini tetap paling bisa di simpulkan bahwa gitar sendiri berasal dari spanyol karena memang akarnya berasal dari sana dan juga instrumen instrumen yang menyerupainya dapat di temukan pad lukisa dari zaman medieval dan juga renaissance yang tersebar di seluruh bagian eropa

Sedangkan seperti yang di bahas sebelumnya pada umumnya gitar ini bisa di bagi menjadi dua bagian dimana gitar akustik ini memiliki ciri ciri badan gitar berlubang dan menghasilkan suara cukup keras tanpa di dukung oleh listrik. Bunyi yang di hasilkan dari gitar ini berasal dari getaran senar yang teralirkan antara tulang leher dan juga jembatan yang kemudian memperkuat suaranya melalui badan gitar yang memberikan resonansi

Sedangkan pada gitar elektrik gitar terancang dengan berbeda seperti gitar akustik yang lebih di kenal dimana bunyi yang dapat di hasilkan oleh gitar elektrik mampu di kuatkan suaranya dengan listrik dan jika tidak menggunakan listrik untuk memainkannya maka suara dari gitar elektrik ini biasanya akan cukup rendah sekali.

Gitar elektrik terdiri dari berbagai komponen utama yaitu dari pickup yang berffungsi sebagai elektromagnetik yang menangkan dan mengubah getaran senar menjadi bentuk sinyal yang terhubung dengan pengeras suara dengan menggunakan medium maupun gelombang radio. Suara yang di hasilkan dari proses ini biasanya juga di manipulasi dengan menggunakan peraltan elektrik tambahan maupun berasal dari distorsi alami dari tabungan vakum yang ada dalam pengeras suaranya. Pickup dari gitar elektrik ini juga bermacam macam jenisnya dengan fungsi yang di tujukan secara berbeda beda.

Comments are closed.