Musik & Sejarah Awal Perkembangannya

Musik bisa di interpretasikan secara berbeda beda bagi setiap orang, ada yang mendengarkan musik dengan kebutuhan berbeda beda seperti untuk menambah semangat, menjadi melankolis atau pun mendapatkan perasaan lain yang jelas musik terasa begitu nyata dalam kehidupan setiap insan manusia. Musik juga di pakai dalam berbagai elemen seni lainnya, sering di pakai untuk bercerita dan lain lain. Intinya musik adalah sebuah hiburan yang berarti bagi banyak orang. Dan di kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas tentang musik yang memiliki arti tersendiri di setiap orang bagaiamana sejarah akan musik berlangsung dan perkembangannya selama ini.

Musik mulai di kenal pada abad ke dua sebelum masehi sejauh yang tercatat tapi secara kenyataan mungkin musik telah di kenal lebih lama sejak saat itu. Musik bisa saja di pergunakan dalam sebuah acara dan tradisi dan di abad pertengahan musik menjadi sesuatu yang lebih berarti dengan nuansa yang lebih tereksplorasi. Di zaman renaisance dan zaman romawi kemajuan musik dari setiap tahapan juga terlihat dengan munculnya genre musik baru seperti barok dan juga rakoko.

Meski pada tahun 1750 genre musik seperti yang di sebutkan di atas sebelum di gantikan dengan kemunculan musik klasik dengan ciri ciri musiknya yang menggunakan dinamika percampuran keras dan lembut sekaligus dan juga memiliki tempo yang relatif cepat,. Musik klasik juga menggunakan ornamentatik meski di batas dan memadukkanya dengan accord tiga nada.

Perkembangan musik hingga ke zaman modern melahrikan lebih banyak genre lagi dengan bertumbuh kembangnya alat musik yang di ciptakan untuk berbagai kebutuhan dan eksplorasi dari seni musik sendiri dengan kehadiran media elektronik dan aluran musik seperti pop, rock, campuran pop rock, jazz, R & B, hip hop, dan berbagai perpaduan dari genre tersebut juga menjadi kan musik lebih kaya akan dinamika dan genre yang ada.

Awal dari musik seperti yang di ceritakan sebelum telah mulai dari abad kedua di mesir maupun dataran tengah dengan bentuk dan alunan tertentu. Babilon adalah contoh dari pengaruh perkembang musik di mesir dan hibrani dan berkembang lagi menjadi musik gereja. dan berkembang lagi ke daratan eropa dan sering di pakai dalam upacara gereja lainnya hingga menjadi musik instrumental..

Lalu muncul juga alat musik yang lebih maju seperti biola dan juga sepupunya cello di iringin dengna kemunculan komponis ternama di masa itu lahir dari berbagai negara eropa seperti prancis, italia, jerman, hingga ke rusia. Lantas dengan melihat perkembangan sejarah ini sendiri sebenarnya pernahkah terpikirkan apa itu musik sendiri dan bagaimana manusia memberikan pengertian akan muysik tersebut. Pada dasarnya musik bisa di artikan sebagai suara yang di padukan maupun di susun dengan kreativitas yang ada sehingga membentuk irama, dan keharmonisan darinya. Bisa di bilang musik lahir karena intuisi dari orang yang membuatnya dan merupakan bagian dari karya seni seperti halnya melukis dan lainnya

Sekarang mari kita perkembangan musik dunia ini dari zaman ke zaman dan akan mulai kami ulas dari sejak zaman abad pertengahan dimana pada masa ini,  Di abad ini sangat banyak kejadian dan penemuan yang berlangsung dan termasuk dalam kebudayaan yang memberikan dinamika yang begitu berarti dalam musik. Dua orang pelopor musik di zaman ini bisa di sebut sebagai Gullanme dufay yang berasal dari prancis dan juga adam de la halle yang berasal dari jerman

Di zaman renaisance musik telah melewati masa abad pertengahan dimana era ini juga berarti lahirnya kembali kebudayaan romawi yang telah tenggelam sebelumnya dan musik telah di pelajari dengan lantunan cinta dan juga tema lainya dengan menandakan kemunduran musik dari gereja yang berkurang peminatnya setelah itu. Alat musik yang berkembang dan baru ada pada zaman ini adalah piano dan juga organ sehingga memunculkan musik masuik yang di sebut instrumental pada kota florence di prancis dengan berkembang pula seni opera yang sangat di gemari pada era ini. Pelantun pelantun eropa pada masa ini sangat di puji dan di anggap memiliki keahlian dan bakat dalam memenerankan opera seni yang di pertunjukkan. Dari era ini juga mncul beberapa komposer yang di kenal luas seperti giovanni gabrielli yang berasal dari italia, jaen baptiste lully dari prancis, claudio monteverdi dari venesia dan juga galilei dari italia juga

Di zaman selanjutnya akan masuk dan di sebut dengan era barok rakoko di iringi dengan tanda kemunculan aliran aliran musik baru yang paling terkenal di antaranya adalah rokoko dan barok dan kedua jenis aliran ini bisa di bilang bersifat sama karena kedua alira ini menggunakan hiasan musik. Meski demikian barok dan rakoko bisa di bedakan pada ornamentatik atau hiasan msuiknya yang dimana rakoko menggunakan hiasan yang lebih teratur sedangkan barok menggunakan lebih banyak improvisasi dari para pemain musik tersebut. Beberapa komponis yang ternama pada era ini adalah george fredrick haendel dan juga johan sebastian bach.

Comments are closed.