Beberapa Genre Musik yang Dikenal di Dunia dan di Indonesia

Bila berbicara tentang musik, rasanya akan ada beragam pembicaraan menarik. Musik menjadi hiburan yang bisa dinikmati hampir semua orang. Bahkan, sekalipun orang tidak sepenuhnya tahu tentang liriknya, irama atau melodi dari suatu lagu selalu mampu dinikmati. Karena itu, musik sudah seperti bahas universal yang emosinya selalu bisa tersampaikan dan dirasakan pada pendengar.

Dalam hal ini, salah satu pembicaraan yang selalu menarik tentang musik adalah mengenai genre musik yang ada. Musik memiliki banyak sekali genre yang ada sampai sekarang. Sebagian genre telah ada sejak cukup lama dan bertahan sampai saat ini, tapi ada juga genre yang muncul baru-baru ini.

Beragam Genre Musik yang Patut Diketahui

Genre musik memang sangat beragam. Dalam hal ini, setiap orang bisa memiliki genre favorit masing-masing, dan ini tidaklah bisa dipaksakan karena memang selera setiap orang berbeda-beda. Bagi sebagian orang yang rasanya genre tersebut tidak bisa dinikmati, ternyata tetap bisa dinikmati dan bahkan sagnat disukai oleh orang lain. Untuk itulah, sebenarnya sangat penting untuk mengetahui beragam jenis genre yang ada dalam musik. Dengan ini, orang bisa menambah wawasan musik yang ada, dan referensi musik yang didengarkan pun akan jauh lebih luas dan lebih berwarna dengan semakin banyak pula genre yang diketahui.

Ketika berbicara tentang genre musik, rasanya tidak akan lengkap bila tidak menyebutkan musik klasik sebagai yang pertama disebutkan. Musik klasik tidak serta merta disebutkan sebagai musik tertua karena musik klasik sendiri terbagi dalam beberapa periode musik. Di masa itu, musik klasik memang sangat erat kaitannya dengan perkembangan kebudayaan yang ada di Barat, khususnya di Eropa. Musik seperti barok, renaisans, dan kategori lainnya bisa ditemukan. Musik klasik pun sangat diidentikkan dengan musik yang dimainkan dalam suatu orkestra.

Dalam hal ini, yang dimainkan tidak hanya satu alat musik saja, tapi ada banyak alat musik dengan peran masing-masing. Ada alat musik gesek, alat musik tiup, alat musik perkusi, dan alat musik lainnya. Bahkan dalam alat musik gesek, ada violin, viola, cello, hingga contrabass. Ini semua yang menjadikan musik klasik sangat kaya dan masih sangat disukai sampai saat ini walau telah berusia ratusan tahun.

Lalu, musik lainnya yang juga sangat dikenal walau tidak terlalu banyak penikmatnya di Indonesia adalah musik jazz. Musik yang satu ini bahkan sering dianggap tidak mudah dinikmati oleh sembarang orang karena irama dan melodi musik yang terasa kurang biasa didengar. Musik ini berkembang pertama kali di Amerika. Lalu, musik jazz benar-benar masuk di Indonesia pada kisaran tahun 1930an. Sejak saat ini, musik jazz mulai memiliki kelompok penggemarnya sendiri dan tak jarang konser jazz pun diadakan.

Musik jazz memang seringkali banyak dinikmati oleh kalangan tertentu karena musik ini sejak awal munculnya pun ditujukan untuk menawarkan sesuatu yang baru. Untuk suatu pertunjukan musik jazz, alat musik yang digunakan tidak sekedar alat musik yang umum dalam suatu konser band, tapi ada juga saxophone, trombone, dan bahkan terompet yang digunakan.

Musik yang belakangan ini mulai populer adalah musik EDM. EDM atau yang juga dikenal sebagia Electronic Dance Music memang sangat banyak dinikmati dalam beberapa waktu terakhir ini. Sesuai namanya, EDM menawarkan irama musik dengan beat yang akan memicu orang untuk mengikuti setiap ketukan dan hentakan yang ada. Ini benar-benar seperti mengundang badan dan perasaan untuk menikmati lagunya dengan gerakan yang nyata.

Musik EDM sangat menarik karena diproduksi dengan komputer dan bisa memiliki beragam jenis bunyi. Di Indonesia sendiri, ada Weird Genius yang sangat dikenal dengan musik EDM. Bukan sekedar musik eletronik, tapi grup ini juga mencampurkan musik tradisional dalam komposisi musiknya.

Genre Musik Khas Indonesia

Genre musik yang paling sering dikenal memang pop. Beragam musik pop bisa dinikmati dan dalam setiap tahunnya, bisa muncul ratusan musik pop yang disukai. Dalam perkembangannya, musik pop pun berpadu dengan genre musik lainnya karena selera musisi yang ada. Dalam hal ini, bila berbicara tentang Indonesia, ada genre musik lain yang juga sangat populer dan menjadi genre khas Indonesia. Itu adalah dangdut.

Genre musik yang satu ini sangat dinikmati di kalangan masyarakat pada umumnya, dan bahkan bisa dibilang sebagai musik rakyat. Dangdut pun belakangan ini menjadi sangat populer dengan kehadiran dangdut koplo dengan musik yang lebih bersemangat. Genre yang satu ini sangat khas dengan cengkok suara yang ada.

Lalu, genre musik lain yang merupakan khas Indonesia adalah keroncong. Musik keroncong memang tidak sepopuler dangdut. Bahkan, sebagian orang menganggap keroncong adalah untuk orang-orang tua saja. Tak hanya itu, keroncong pun lebih banyak dikenal di wilayah Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Yogyakarta. Padahal, musik keroncong sangat menarik dengan permainan alat musik kencrung dan bass betot yang sangat khas. Musik terasa sangat halus, tapi bisa juga dibuat dengan irama yang menampilkan semangat.

Comments are closed.